"Pekerjaan besar tidak bisa diselesaikan dengan kekuatan, tetapi dengan kegigihan"

BKN X: SIMULASI TES CPNS DENGAN CAT DIBANJIRI PENGUNJUNG

Wednesday, July 16, 2014

SIMULASI TES CPNS DENGAN CAT DIBANJIRI PENGUNJUNG

Kepala kantor BKN X meninjau lokasi simulasi


Denpasar, Bertempat di kampus Universitas Mahendradatta Denpasar, Kementerian  PAN-RB dan Badan Kepegawaian Negara (BKN), bekerjasama dengan JobsDB.com menyelenggarakan Simulasi CAT (Computer Assisted Test) pada hari Senin 14 Juli 2014. Acara yang dimulai pukul     08:00 WITA tersebut dihadiri oleh Asisten Deputi Perumusan Kebijakan Pengadaan SDM Aparatur Kementerian PAN-RB Drs. Arizal, M.Si, Kepala Kantor Regional X BKN Drs. Made Ardita, M.Si, Ketua Yayasan Mahendradata, Para Pembantu Rektor Universitas Mahendradata beserta jajaran civitas akademika dan para pegawai Kantor Regional X BKN Denpasar.

Antusiasme peserta simulasi
Peserta mencoba system CAT


Tercatat 916 peserta mengikuti simulasi tes CPNS dengan menggunakan CAT. Para peserta yang berasal dari berbagai kabupaten di wilayah provinsi Bali ini terlihat sangat antusias mengikuti simulasi ini. Setiap peserta diberi 25 soal dengan waktu pengerjaan 15 menit. Passing grade yang harus dicapai adalah 75 dengan dengan rincian Test Intelegensia Umum (TIU) : 30, Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) : 25 dan  Tes Karakteristik Pribadi (TKP) : 20. Panitia memberikan souvenir bagi peserta tes yang mencapai nilai passing grade diatas 70.

Pada aplikasi CAT yang baru, setelah peserta selesai mengerjakan soal akan langsung muncul form quisioner yang harus diisi oleh peserta. Setelah mengisi quisioner barulah muncul nilai hasil tes CAT. Dengan sistem CAT ini peserta bisa langsung melihat nilainya secara real time pada monitor nilai. Hal tersebut merupakan bukti transparansi dari pelaksanaan tes sehingga bisa meminimalisir kecurangan yang bisa terjadi pada seleksi CPNS.

Selain simulasi CAT, dalam acara tersebut juga berlangsung acara talk show dengan narasumber Kakanreg X BKN Drs. Made Ardita, M.Si dan dari Kementerian PAN-RB Drs. Arizal, M.Si . Peserta yang mengikuti tes sangat mengapresiasi acara yang diselenggarakan oleh Kementerian PAN-RB dan BKN ini. Salah seorang peserta berharap semoga dengan sistem CAT ini benar-benar bisa diwujudkan seleksi CPNS yang bersih dan bebas KKN. (yuda/yuni)

No comments:

Post a Comment

 
***Pertanyaan mengenai masalah Kepegawaian silahkan langsung hubungi c/p kami pada kolom YM di sebelah kanan halaman utama blog ini***